Selamat Datang Di Blog Saya

Selamat Datang Di Blog Saya

jumlah pengunjung

untuk HTM gambar berjalan buka blog 2.Ambil templete

Senin, 27 Februari 2017

LAYANAN INFORMASI INTERNET


A, MANFAAT LAYANAN INTERNET
   
  Manfaat internet dilingkungan masyarakat :
       1. Sebagai Informasi
       2. Mempermudah atau Mempercepat Suatu Pekerjaan
       3. Mempeluas Pergaulan
       4. Membuka Peluang Bisnis 
       5. Sebagai Media Promosi
       6. Memudahkan Mendapatkan Barang Kebutuhan

     Manfaat internet bagi pelajar dan dunia pendidikan :
       1. Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan ;
       2. Sebagai Sumber Tambahan Pelajaran Yang Belum dimengerti di sekolah ;
       3.Melatih Siswa supaya mengetahui cara-cara penggunaan komputer ;
       4. Sebagai sarana Komunikasi.


B.LAYANAN EMAIL

 1. Pengenalan E-mail

 E-mail atau electronic mail adalah sarana kirim-Mengirim surat melalui jalur internet. E-mail dapat digunakan untuk hal hal berikut.
  • Mengirim dan menerima pesan e-mail.
  • Mengirim dan menerima file.
  • Mengirim pesan ke kelompok orang.
  • Meneruskan pesan
    2. Istilah-istilah dalam Email

    Berikut istilah istilah yang ada di dalam e-mail:
    1. Address: alamat e-mail, tanda @ mutlak harus ada dalam e-mail2. Inbox: kotak masuk e-mail yang dikirim kepada anda3. Draft: tempat untuk memuat e-mail yang belum dikirim
    4. Outbox: e-mail keluar, folder tempat penampungan sementara/sesaat email pada saat akan di kirim. Jika email telah terkirim maka folder ini akan kosong kembali.
    5. Spam: email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
    6. Sampah: folder untuk menyimpan pesan yang telah dihapus untuk sementara, dan pesan tersebut dapat terhapus kapan saja.
    7. CC : copy carbon, dapat melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat. Fasilitas ini tidak menyembunyikan alamat email penerima lainnya sehingga semua penerima email dapat melihat semua penerima email yang lainnya.
    8. BCC : blind copy carbon, dapat melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat, dimana penerima tidak akan dapat melihat alamat penerima lainnya.
    9. Attachment : lampiran, istilah untuk dapat melampirkan beberapa file bersama email yang di kirim. Selain pesan dalam email tersebut, juga dapat melampirkan beberapa file yang terbatas pada ukuran tertentu, sesuai dengan ketentuan dari penyedia jasa email tersebut.
    10. Bounce (pentalan, mental): pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
    11. Bot: software tertentu yang bertindak mewakili orang.
    12. Mailbot: software tertentu yang membalas email secara otomatis. 
    13. Listbot: software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list. 
    14. Listserver: sama dengan listbot. 
    15. Subscribe: mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup. 
    16. Unsubscribe: memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup. 
    17. Post: mengirim email ke mailing list atau newsgroup. 
    18. Flame: pesan kasar atau tidak sopan. 
    19. Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan. 
    20. Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru. 
    21. Mailbox : istilah untuk sebuah account email dengan kapasitas penampungan tertentu yang di baut pada sebuah mail server.
    22. Mail Server : server yang melayani dan mengatur proses pengiriman dan penerimaan email.
    23. Outlook : program mail client yang banyak digunakan saat ini. Ada 2 jenis Outlook yaitu Outlook Express (program standar bawaan Windows yang biasanya sudah ada ketika Anda menginstall Windows) dan Microsoft Outlook (program bawaan dari Microsoft Office).
    24. Forward: melakukan penerusan sebuah email ke penerima lain.
    25. Delivery Receipt: info yang diterima pengirim bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail clientnya
    26. Filters: Penyaring email yang masuk.
    27. Header: Kepala email, berisi informasi penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll.
    28. HTML Email: Email yang berisikan gambar dan teks
    29. IMAP: Metode pengaturan email yang anda terima.
    30. Mail Transper Agent (MTA): Sistem yang bertugas meneruskan dan menghantarkan pesan email
    31. Plain-text mail: Email yang hanya teks saja
    32. POP3: Protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email
    33. Preview Pane: Halaman yang digunakan untuk membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru
    34. SMTP: Sebagai protocol yang mengatur pengiriman pesan email
    35. Vacation messege: Untuk menginformasikan kepada pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email


    3. Kelebihan Email

      Kelebihan email ada banyak jika dibandingkan dengan surat biasa. Sistem pengiriman email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta seperti halnya surat yang biasanya. Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita bisa mengirim surat dalam beberapa detik ke belahan dunia yang lain. Hal ini mungkin tidak terbayangkan di masa yang lalu.
    Selain itu, pengiriman email secara ideal dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan di mana pun kita berada. Tidak heran jika kemudian teknologi email menyebar luas dengan cepat, khususnya untuk keperluan komunikasi dalam dunia bisnis maupun komunikasi lainnya. Apalagi mengingat email tidak menggunakan kertas, pengiriman email cenderung lebih bebas sampah.

    4. Kelemahan Email
        Meskipun email memiliki berbagai macam kelebihan seperti yang telah disebutkan tadi, namun email juga memiliki kelemahan. Kelemahan email tersebut antara lain;
    Kemungkinan terjadinya terjadinya pemalsuan identitas. Hal ini berkenaan dengan kemudahan proses pembuatan alamat email dapat membuat orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan ini dengan membuat email beridentitas palsu untuk keperluan-keperluan yang
    bersifat negatif. Hal ini tentu menjadi dilema, mengingat kemudahan pembuatan email ini juga merupakan kelebihan dari email itu sendiri. Bayangkan jika membuat email seperti membuat KTP, tentu tidak menyenangkan bukan?
    Hal lain dari kelemahan email adalah kemungkinan terjadinya penyadapan informasi. Hal ini bisa terjadi terlebih jika kita menggunakan komputer yang digunakan secara massal misalnya di warnet atau di komputer umum. Jadi penggunaan email lebih aman jika menggunakan komputer pribadi.

    C. MAILING LIST (MILIS)
       Adalah group diskusi yang ada di internet, dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Kamu dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana mailing list adalah sebuah daftar alamat e-mail orang-orang yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama.
    Beberapa tips dalam menggunakan Mailing List adalah :
    Subscribe satu atau dua mailing list terlebih dahulu, kemudian lihat banyaknya e-mail yang kamu terima, setelah itu baru kamu subscribe mailing list yang lain.
    1. Simpan dan baca instruksi-instruksi yang diberikan setelah kamu subscribe kesalah satu mailing list
    2. matikan (unsubscribe) mailing list yang kamu ikuti pada saat berlibur, dan subscribe kembali setelah berlibur.
             
    D. CHATTING
       Kata dasat chatting adalah chat, artinya berbincang atau ngobrol. Dalam fasilitas chatting, kamu dapat berkomunikasi langsung secara tertulis dengan orang lain yang sama-sama sedang online di internet.
    Perkembangan teknologi komputer dan jaringan telah melahirkan kemampuan chatting yang disertai suara (sound). Komunikasi lisan melalui chatting sama dengan komunikasi melalui pesawat telepon.

    E. TELECONFRENCE (Konferensi Jarak Jauh)

       Aplikasi chatting terus dikembangkan sampai tercipta voice chat, yang kemudian menjadi teleconfrence. Caranya adalah dengan menambahkan sound card, termasuk VoIP blaster untuk mengompres suara sehingga kualitasnya dapat dipertahankan. Ditambah dengan layanan teleconference yang lebih sempurna. Tujuannya adalah agar para pengakses yang menggunakan internet dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saling memandang satu sama lain.

    TERIMA KASIH, SEMOGA BERMANFAAT

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar